TENTANG 2018

Terbangun di hari pertama 2019, menyaksikan keseruan para teman-teman menghabiskan malam tahun baru semalam di instagram lewat instagram desktopkarena smartphone saya tidak bisa menyala sejak kemarin pagi. Tulisan ini seharusnya saya publish dia akhir tahun kemarin, tapi belum terlambat kan kalo saya publish sekarang? Hehe. Tulisan tentang 2018.

Tidak ada pencapaian yang sangat “wah” untuk tahun 2018 bagi saya, tapi saya bersyukur saya masih bisa survived. Ada waktu merasakan sangat bahagia, ada juga waktu merasakan sangat bersedih sampai harus menghubungi sahabat yang seorang psikolog. Ada waktu bangun tidur tersenyum sumringah, ada waktu bangun tidur mata terlihat sembab. Di tahun 2018, masih harus struggling dengan penelitian study saya, semoga di tahun baru ini semua berjalan lancar dan ilmu yang saya pelajari dapat bermanfaat.

Di tahun 2018, tepatnya di bulan Februari saya memantapkan niat untuk berhijab dan berpakaian yang menutup aurat. Keputusan yang membuat beberapa orang bertanya-tanya “Jol, beneran?”“Tik, serius nih kerudungan?”. Sebenarnya saya sudah memiliki niat berhijab sudah beberapa tahun lalu, namun saya memulainya perlahan, dari mengurangi membeli pakaian-pakaian yang minim, jajan-jajan kerudung berbagai warna sampai akhirnya benar-benar yakin untuk menggunakannya. Lalu, ada juga yang bertanya, mengapa? Karena saya tidak ingin menjerumuskan Papa ke api neraka karena saya keluar rumah tidak menutup aurat. Keyakinan saya semakin mantap saat suatu hari sahabat saya yang lebih dulu berhijab memberi alasannya, dia berkata “Allah udah baik banget sama gue, Allah udah kasih banyak rezekinya sama gue, masa gue ngga mau ngejalanin salah satu perintahnya aja, Jol”Nusuk langsung ke hati. Alhamdulillah ya Allah, semoga saya selalu dikelilingi oleh orang-orang terdekat yang selalu mengajak pada kebaikan menuju surga-Mu.

image

Bersyukur, masih bisa lebaran Idul Fitri di rumah bersama keluarga, lengkap masih ada Mama dan Papa. Ritual-ritual buka puasa bersama sahabat yang sudah seperti keluarga di Jakarta, bersama 19 dan Best. Bahkan sempat berbuka dengan kolak Sushi Tei yang super enak di kota kembang, sebelum kami pulang ke kampung halaman masing-masing.

Hari-hari di 2018 selama di Jogja, hampir setiap hari melewati rute Jogja-Moyudan karena salah satu lokasi penelitian saya di sana. Moyudan membuat hari-hari saya semakin hangat saat terasa jauh dari keluarga, obrolan bersama Pak Sutik dan Bu Retno yang selalu hangat, dan para ibu-ibu penenun yang semakin hari karyanya semakin terkenal dan bisa mengikuti pameran di berbagai tempat.

Tempat baru yang dikunjungi? Ada! Tentunya masih dengan ritual camping ceria hahaha.

image

Camping ceria di Gunung Putri Lembang

Dua lokasi camping ceria tahun ini ada di Bandung, Gunung Putri di Lembang dan Ranca Upas. Camping untuk menyalurkan hobi memasak, masih dengan partner camping yang itu aja.

image

Camping ceria di Ranca Upas

Ada hal baru juga yang di pelajari, salah satunya mengenai financial planning yang sudah saya upload di highlight instagram. Karena bebas dari masalah finansial adalah keinginan setiap orang, bismillah semoga 2019 ini tabungan dan investasi lancar, ya.

Tahun 2018 saya juga diisi dengan hari-hari bahagia para sahabat, ada yang dilamar dan melamar pacarnya, pernikahan, ada yang hamil dan ada pula yang sudah mendapatkan buah hati yang lucu-lucu. Bahagia! Satu persatu dari kami memasuki babak-babak baru kehidupan.

Banyak masalah yang ditangisi, banyak kejadian yang dikecewakan, tapi apapun yang terjadi di 2018 selalu ada hal-hal yang bisa saya syukuri. Masalah yang saya alami, tidak lebih besar dari yang alami si A.

Harapan untuk 2019; masalah yang datang membuat saya lebih kuat dan dewasa, bersyukur dalam keadaan bahagia ataupun sedih, bersyukur dalam keadaan lapang ataupun sempit, menjadi pribadi yang lebih baik, bisa membahagiakan diri sendiri dan orang-orang terdekat, selalu berbagi kebaikan dan kasih sayang, dan masih banyak harapan-harapan baik lainnya…

Semoga Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Allah Yang Maha Berkehendak mengabulkan segala doa dan rencana baik kita di tahun 2019, setiap perbuatan kita diberkahi oleh-Nya, Allahuma Aamiin.

Selamat tahun baru, selamat menjadi lebih baik!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s