Jogja Bersama 19 (Part 1) – Pantai Wediombo dan Bukit Bintang

Setelah akhir tahun kemarin dikasih kesempatan bisa naik gunung lagi sama 19, Alhamdulillah sekarang dikasih kesempatan bisa jalan-jalan bareng lagi sama mereka. Jalan-jalan kali ini tujuannya bukan ke gunung, formasi orangnya juga agak berbeda dengan yang kemarin (ya maklumlah ya angkatan kalo orangnya banyak susah full team :p). Beberapa kawan dari Jakarta kali ini berkunjung ke Jogja! Yuhuuuu. Tujuan awal mereka ke Jogja untuk menjenguk Rivan yang sudah lama sekali tidak bertemu dan juga agak susah dihubungi, mereka ingin memastikan Rivan baik-baik saja hahaha.

Tiket kereta ke Jogja sudah dipesan sebulan sebelum tanggal keberangkatan, karena tanggal liburan yang mereka pilih tepat long weekend, antisipasi kehabisan tiket. Bagi Ade dan Bolang, berkunjung ke Jogja adalah sebuah nostalgia, karena mereka pernah menghabiskan empat tahun lebih di kota tercinta ini. Bagi Abeng? Saya tidak tahu alasannya apa, tapi orang ini malah yang sangat excited hahaha,

Tanggal 19 April, mereka berangkat siang hari dari Stasiun Pasar Senen. Mau berangkat ada saja dramanya, dari Bolang yang berbohong tidak jadi ikut, Ade yang KTP-nya tertinggal di kantor, sampai tujuan tiket bukan ke Jogja tetapi ke Wates. Belum lagi kocaknya mereka harus membawa helm di kereta untuk jalan-jalan di Jogja. Tidak lama setelah mereka tiba di penginapan, saya menemui mereka. Kami makan malam bersama di warung penyetan dekat penginapan. Tujuan mereka ke Jogja pun sudah terpenuhi, karena malam itu Rivan juga menemui kami. Saya dan Rivan ikut bermalam bersama mereka di penginapan, ngobrol sana-sini sambil merencanakan besok mau kemana.

20 April 2017. Rencana kami hari ini adalah pergi ke Pantai Wediombo untuk memenuhi keinginan Abeng melihat “Sejuta Pesona Gunung Kidul”. Setelah sarapan di soto favorit saya di daerah Klebengan, kami langsung cus ke Pantai. Perjalanan menuju ke pantai agak nyasar karena saya agak lupa. Kocaknya, setiap kami bertanya ke warga arah ke Pantai Wediombo mereka selalu memberikan jawaban yang berbeda-beda. Gimana coba kalo warga yang kami tanya lebih dari satu? Akhirnya kami trust to google maps. Ini sudah ke-tiga kalinya saya berkunjung ke Pantai Wediombo, tetapi jalanan yang saya lalui kali ini berbeda. Jalanan melewati kebun-kebun yang tidak ada rumah penduduknya, ternyata yang kami lewati bukan jalan umum seperti biasanya hahaha. Untungnya kami bisa tiba di Pantai Wediombo. Biaya masuknya hanya Rp. 5.000,- dan parkir motor Rp. 2.000,- (biaya parkir biasa, bukan bermalam)

Tiba di Pantai Wediombo kami langsung menuju kolam renang alami. Abeng dan Aphoy sudah tidak sabar nyemplung, padahal hari itu panas sekali dan ombak juga cukup besar (tetapi masih aman di spot tertentu). Saya, Ade, Bob, Rivan dan Bolang lebih memilih menunggu cuaca agak adem di bangunan di pinggir kolam. Sambil menununggu kami berfoto-foto. By the way, setiap saya berkunjung ke Pantai Wediombo selaluuuu ada gadget yang nyemplung ke laut, atau kena korban air laut. Kali ini hp Abeng yang menjadi korban, lagi asik foto lalu ombak besar datang dan dia refleks pegangan ke batu yang ternyata batunya juga kena deburan ombak. Syukurnya masih bisa nyala dan tidak rusak sama sekali.

Setelah lelah berenang, kami makan siang di warung pinggir pantai. Es kelapa muda menjadi pilihan kami karena cuaca yang masih sangat terik. Segeeer! Untuk makan siang kami pesan, mie ayam, mie rebus dan nasi telor ceplok. Sambil menunggu matahari agak redup kami bersendau gurau tertawa terbahak-bahak sampai perut sakit. Oiya, harga makanan di warung pinggir pantai ini masih masuk akal kok, satu buah es kelapa hijau Rp. 12.000,- untuk makanan yang kami pesan perporsinya tidak lebih dari Rp. 10.000,-. Biaya mandi dan bilas di toilet disini Rp. 5.000,-.

Pukul 16.00 WIB kami beranjak pulang, untuk menuju ke Bukit Bintang. Karena sudah terlalu sore kami tidak mendapatkan sunset. Kami menghabiskan malam di salah satu tempat makan di Bukit Bintang yang menyuguhkan panorama lampu-lampu dari kota Jogja.

Makan malam di Bukit Bintang ini mungkin akan menjadi salah satu cerita lucu di trip kami ini. Kami mendapat warung makan yang pemiliknya galak sekali. Pesanan makanan dan minuman kami akan diantar oleh petugas dan petugas akan menyebut pesanan, misalnya “Jahe hangat satu”. Ketika petugas menyebutkan menu, kami harus sigap apakah itu pesanan kami atau bukan, karena kalau kami tidak sigap, kami akan kena marah oleh pemiliknya. Bahkan ada salah satu gerombolan pengunjung yang lama memesan menu, si pemilik warung tetap menunggui mereka disebelah meja dengan muka galak. Semua pengunjung warung ini berbicara dengan nada berbisik, mungkin karena mereka semua ngehkalau pemiliknya galak. Tetapi yang kami heran, warung ini tetap ramai. Kami memesan jagung bakar (10k), pisang bakar (8k) dan mie rebus jawa (25k). Rasa jagung bakarnya enaaaak, empuk juga. Untuk mie rebus jawanya rasa cenderung pedas merica, sangat pedas malah, seperti merica tumpah ke mangkuk mie.

Kami tidak berlama-lama di Bukit Bintang karena kami tidak nyaman dengan pemiliknya yang galak. Setelah itu kami menuju ke kota, kami janjian dengan salah satu teman SMA kami juga yang sedang berkunjung ke Jogja, Hendy. Kami janjian di Kopi Joss depan Stasiun Tugu yang sangat terkenal itu. Karena di Bukit Bintang dan Kopi Joss kami tidak makan berat, perut sudah mulai keroncongan, kami melipir dulu ke SS untuk makan malam sebelum kembali ke penginapan.

Hari pertama jalan-jalan bareng 19 ini cukup melelahkan, mungkin karena jarak lokasi tujuan kami yang lumayan jauh. Lelah tertawa juga pastinya. Tiba di penginapan kami langsung bersih-bersih dan tidur untuk bersiap jalan-jalan besok hari! Yeay! See you on our next trip story! Xoxo.