CERITA SINGKAT DARI GUNUNG MERAPI

Memang selalu ada aja pelajaran yang didapat setiap pendakian. Kali ini dari mulai perjalanan dari Jogja menuju basecamp pendakian Gn. Merapi di daerah Selo menggunakan motor! Iya, motor! Sudah beberapa kali naik gunung, tapi ini pertama kalinya naik gunung transportasi menuju basecampnya naik motor, pendakian sebelumnya biasanya naik transportasi umum atau mobil pribadi. Naik motor Jogja-Selo 3 jam dengan carrier di pundak dan jalanan yang nanjak serta menikung, sesungguhnya itu gak mudah. Jalur pendakian Merapi yang nggak ada “bonusnya”. Papan-papan penunjuk jalur yang ngasih harapan palsu, bilangnya 1 jam sampai, tapi tak kunjung sampai. Jalur dari Pos II menuju Pasar Bubrah yang berbatu, menanjak, plus combo nggak ada vegetasi lagi di kanan-kirinya kebayang deh tuhdinginnya kaya apa. Capek, lapar, dingin, rasanya pengen bilang “Khaaaan ngecampnya disini aja”. Padahal posisi kita di jalur, jadi sangat tidak mungkin membuka tenda dan bermalam di sana. Tiba di Pasar Bubrah, ternyata sepi bangeeeet, hanya ada tenda kita dan satu tenda kelompok lain. Pendakian kali ini carrier berat karena isinya lebih banyak makanan, menu kita ada sate ayam, ikan bakar, spaghetti bolognaise, sop ayam, tempe goreng, sosis goreng, telur asin, nutrijel coklat, coklat panas.

image
image
image
image
image

Jalur yang bikin ngeluh terus memang nggak pernah ngecewain kok akhirnya, kayausaha keras yang sudah kamu lakuin pasti hasil yang diperoleh juga gak ngecewain, apasih hehe. Merapi memang gak punya bukit Sabana cantik seperti Merbabu, tapi Merapi punya keindahan yang bisa kamu nikmatin dengan caramu sendiri. Terima kasih ya Fatkhan, Saki, Erik yang sudah sabar nungguin di jalur yang hampir bikin nangis. Senang sekali rasanya sudah sah deh jadi mahasiswa Jogja, sudah bisa nikmatin dan ngerasain Merbabu dan Merapi. Sampai jumpa diperjalanan berikutnya!

image
image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s